Menu Makan Penurun Kolesterol


Pewarta Global - Terlalu banyak menumpuk kolesterol dalam tubuh memang tidak bagus untuk kesehatan. Saat kolesterol dalam tubuh jumlahnya berlebih, maka akan dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Cara terbaik dan alami dalam menurunkan kolesterol adalah dengan membatasi asupan makanan yang membuat kolesterol anda naik. Selain membatasi asupan makanan, tentunya anda dituntut untuk serutin mungkin melakukan olah raga agar peredaran darah anda menjadi lancar. Kolesterol menumpuk juga bisa disebabkan karena anda jarang melakukan olahraga. Orang yang jarang melakukan olahraga biasanya akan mudah sekali terkena reumatik, nyeri pada persendian, lemah otot dan sebagainya karena jarang sekali menggunakan otot untuk beraktivitas.

Dalam tubuh, kolesterol dibedakan menjadi dua jenis, yaiut HDL dan LDL. HDL  (high-density lipoprotein) merupakan jenis kolesterol baik yang mampu menekan timbulnya berbagai macam penyakit, Seangkan LDL (low-density lipoprotein) ini termasuk golongan kolesterol jahat, ia apat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti yang telah disebutkan diatas diantaranya adalah penyakit jantung, sakit stroke, kencing manis (Diabetes Melitus), asam urat dan lain sebagainya.

Jenis Makanan  Yang Harus Dibatasi Bagi Penderita Kolesterol

Mengatur pola makan bagi penderita kolesterol memang sangat dianjurkan. Orang yang kadar kolesterolnya sudah terlampau tinggi, sedikit saja ada penambahan kolesterol dalam tubuh maka akan langsung terasa. Oleh karena beberapa jenis makanan dibawah ini sebaiknya dihindarkan bagi para penderita kolesterol tinggi karena beberapa makanan dibawah ini memang mengandung atau dapat memicu peningkatan kolesterol. Beberapa makanan tersebut diantaranya:

  1. Kulit ayam
  2. Daging berlemak
  3. Mentega
  4. Kulit bebek
  5. Makanan bersantan
  6. Kue dan biskuit dan
  7. Jenis goreng-gorengan lainnya

Dan yang harus dihindari lagi adalah makan siap saji. Kebanyakan makanan siap saji memang mengandung kolesterol yang cukup tinggi.


Anjuran Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Saat kolesterol sudah terlampau tinggi, maka makan apa saja akan menjadi masalah. Penderita harus pandai-pandai dalam memilih makanan jika tidak ingin sesuatu yang buruk menimpa dirinya. Penderita kolesterol tinggi hendaknya selalu memilih jenis makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin. Vitamin dan serat tinggi dipercaya dapat melunturkan endapan kolesterol pada pembuluh darah.

Beberapa makanan yang mungkin dapat anda jadikan pilihan menu makan tiap hari diantaranya:

Minyak Nabati
Membiasakan diri menggunakan minyak nabati seperti minyak zaitun,minyak kanola, dan minyak dadri bunga matahari memiliki peran dalam mengurangi timbulnya kolesterol jahat.

Ikan
Setiap per minggu-nya mengkonsumsi ikan sekitar 2-3 porsi berpeluang dapat menurunkan kadar LDL. Cara ini berfungsi sebagai sumber lemak omega-3 dan pengganti daging untuk penekan sumber LDL.

Gandum
Berbagai jenis serelia dan gandum  dengan kondisi kulit ari yang masih utuh juga berpeluang untuk menekan timbulnya penumpukan kolesterol jahat. Dalam gandum terdapat serat tinggi hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita yang rawan kolesterol tinggi.

Kacang-kacangan
Mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari secara teratur dapat meningkatkan sumber serat alami yang mampu mengikat LDL yang dalam tubuh sehingga jumlah kolesterol yang mnumpuk dalam tubuh dapat terkurangi. Dari kacang-kacangan  seperti walnut, kacang merah, dan almon. Serta mengonsumsi berbagai produk olahan dari kedelai, seperti susu kedelai, tahu dan tempe.

Buah-Buahan
Setiap hari monsumsi buah-buahan secara teratur seperti buah jeruk, apel, anggur, dan stroberi. Buah tersebut kaya akan jmlah kandungan pektin, pektin ini berperan sebagai serat larut yang menekan LDL yang menumpuk didalam tubuh serta buah avokad yang tinggi akan jumlah kandungan lemak tidak jenuhnya.

Terong
Sayuran terong ini sangat baik untuk kesehatan dan juga kita sangat mudah mendapatkannya terutama di daerah Sidolaju, Widodaren, Ngawi Provinsi Jawa Timur. Tersedia juga dipasar-pasar modern maupun pasar tradisional. Sayuran terong dikenal mengandung serat larut tinggi.

Sumber: http://www.firdaus45.com/2015/05/tips-mecegah-kolesterol-dengan-menu.html

Comments