Jokowi Ke Indonesia Timur Bawa Uang Triliunan


Pewarta Global, Sofifi – Terkait tudingan dari sebagian orang yang mempertanyakan kunjungan  kerjanya ke sejumlah provinsi di Indonesia Timur seperti Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, telah ditepis oleh Presiden Joko Widodo. Ada juga yang  beranggapan bahwa kunjungan yang dilakukan Presiden Jokowi tanpa memiliki tujuan yang jelas. 

Jumat (8/5/2015), "Ada yang bertanya, ngapain Jokowi ke Indonesia Timur? Ya, ini, saya ini membawa uang triliunan untuk mempercepat pembangunan proyek infrastruktur di wilayah Indonesia bagian Timur," ungkap Jokowi, saat saat mencanangkan percepatan pembangunan Kota Baru Sofifi sebagai ibukota provinsi Maluku Utara, di halaman Kantor Gubernur Maluku Utara, Sofifi, Maluku Utara. 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Pariwisata Arief Jahya,Menteri Pekerjaan Umum M Basuki Hadimuljono, serta Deputi V Kantor Staf Presiden Bidang Analisa Data dan Informasi Strategis Mayjen TNI Andogo Wiradi,  ikut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara tersebut. 

Menurut Presiden, dana lebih dari Rp 3 triliun dialokasikan pemerintah khusus untuk daerah Maluku Utara. Persiapan anggaran tersebut digunakan khusus untuk pembangunan jalan dan  untuk pembuatan pelabuhan di Tidore dan Ternate . Selain itu juga mempersiapkan  dana sebesar Rp 500 miliar untuk pertanian. Begitu juga untuk pembangunan dibidang pariwisata. 

"Dalam perjalanan dengan Pak Basuki, kita berbicara memang beberapa program  akan dikerjakan di Maluku Utara. Saya pastikan tahun ini saya pastikan pelabuhan yang di Ternate akan dilakukan besar-besaran selain proyek lainnya," ujar Jokowi. 

"Karena, ya, inilah kita akan membangun dari kawasan timur. Kita tidak punya waktu lagi untuk menunggu. Maka, kita minta dipercepat," imbuhnya. 

Presiden Joko Widodo masih menambahkan penjelasan, ” untuk membangun setiap proyek infrastruktur, jangan hanya berpikir jangka pendek, Tetapi, harus berpikir 50 hingga 100  tahun, dan bukan hanya untuk 5 tahun saja sehingga harus dibuat detil perencanaannya jauh ke depan. Cari segera urban planer yang baik dan gunakan conten local untuk membangunnya," Ujarnya.

Comments